Saturday, 14 September 2013

PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL VOLUM TABUNG DAN VOLUME KERUCUT DI SMPN 19 PURWOREJO JAWA TENGAH OLEH JULI EKO SARWONO (PEDAGANG BAKSO KELILING )

                 Pembelajaran mtematika di SMP N 19 Purworejo dalam menyampaikan materi volume tabung dan volume kerucud kami mencoba menggunakan metode kontekstual  yaitu siswa secara berkelompok mempraktekkan dan mengamati tentang volume tabung adalah tiga kali volume kerucut. Sya mencoba tidak serta merta menyampaikan rumus – rumus volume tabung dan volume kerucut tetapi siswa secara berkelompok  dengan mempraktekkan volume kerucut dan volume tabung dengan bahan –bahan yang  sudah di siapkan yaitu tabung ( kaleng permen bekas ), Kerucut dari plastik, beras yang terdiri dari tiga warna. Berikut di bawah ini adalah cuplikan video pembelajaran pembuktian volume tabung adalah tiga kali volume kerucut.



Sunday, 8 September 2013

GURU MATEMATIKA SMP N 19 PURWOREJO JAWA TENGAH DAN PENJUAL BAKSO KELILING DARI DESA KE DESA DI JOGONEGORO, MERTOYUDAN, MAGELANG JAWA TENGAH



Seorang guru harus bisa membawa murid menikmati pembelajaran matematika seperti saat siswa menyantap bakso enak, lezat, menyenangkan dan mengesankan. Berikut saat siswa menikmati pembelajaran matematika kontekstual dengan kompetensi dasar  TABUNG dan Unsur-unsurnya dan dilakukan baik dalam kelas maupun di luar kelas dengan berdiskusi secara berkelompok. Pembelajaran ini mempunyai tujuan agar target materi tercapai tetapi siswa senang di antaranya tercapainya nilai tinggi dan mempunyai sikap santun.

Mengukur tinggi tabung, diameter tabung untuk selanjutnya mereka menghitung luas tabung.
  ********
******
****
**
*

Mengukur  keliling pohon kemudian siswa menentukan diameter pohon.
               
http://1.bp.blogspot.com/-TlyXMNZzo90/UUZ510NhZnI/AAAAAAAAC9Y/CcB3mhzqPCc/s1600/19769.gifhttp://4.bp.blogspot.com/-Vj1wmPAdRbg/UUZ52Y5HIrI/AAAAAAAAC9w/Vk95IDZ4G8w/s1600/smiley-27.gif
  

Saatnya berdiskusi tentang  tabung(menentukan tinggi, diameter, jari-jari, gelas dan tabung)

http://4.bp.blogspot.com/-K1HTpRqXawA/UUZ51Xqm2UI/AAAAAAAAC9Q/4lgHuShySiM/s1600/16.gif

Siswa mempresentasikan hasil diskusi  menghitung luas tabung.



Menghitung jari-jari roda mobil.

http://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gif

Our offices

Blogger templates