Monday, 11 November 2013

JULI EKO SARWONO sebagai Narasumber pada acara seminar matematika di UNIVERSITAS SATYA WACANA Salatiga

9 November 2013

       Kali ini saya mendapat kesempatan untuk mengisi SEMINAR Matematika kontekstual yang di selenggarakan oleh UKSW Universitas Satyawacana di Salatiga, saya akan membawa materi tentang:
Pembelajara profesional, pembelajaran bermakna dan pembelajaran kontekstual. Berikut ini persiapan yang saya lakukan untuk acara seminar yaitu:
  1. pengadaan dan pengepakan alat peraga yang berasal dari bungkus sabun, pasta gigi dll yang berbentuk bangun ruang balok dan kubus
  2. Jumlah alat peraga yang saya persiapkan sebanyak tigaratus buah.
  3. Pembuatan makalah yang berupa brosur tentang pembelajaran profesional, pembelajaran bermakna dan pembelajaran kontekstual
  4. Foto slade pembelajaran siswa SMP N 19 Purworejo
  5. Film Best Praktice pembelajaran matematika SMP N 19 Purworejo
  6. Cuplikan film pembelajaran Matematika yang pernah tayang di kick andy Metrotv, hitam putih trans7, bukan empat mata trans7, liputan 6 sctv dan gigih TVRI
  7. Lembar kerja peserta dll

Pengepakan sejumlah alat peraga
Pengepakan sejumlah alat peraga
Pengepakan sejumlah alat peraga
Pengepakan sejumlah alat peraga

Sejumlah alat peraga untuk persiapan seminar

   Tujuan seminar adalah diharapakannya peserta seminar akan menjadi guru model yang bisa membawakan materi matematika dengan profesional, bermakna dan kontekstual. Peserta diharapkan akan menjadi guru yang menyadari bahwa guru adalah pelayan peserta didik yang dapat menghantarkan para peserta didik menjadi manusia yang handal, tangguh, bertaqwa dan kreatif serta inovatif dapat mempraktekkan matematika di kehidupan sehari-hari.

  Seminar diikuti mahasiswa matematika UKSW dan Guru SMP, SMA/SMK Se-Salatiga.

Juli Eko Sarwono menyampaikan materi
 






Juli eko sarwono peserta seminar dari guru SMP N Salatiga







Juli eko sarwono peserta seminar dari guru SMP N Salatiga




Juli Eko Sarwono Menerangkan salah satu alat peraga








Juli Eko Sarwono bersama mahasiswa UKSW









Alhamdulillah seminar berjalan lancar semoga dengan seminar ini diharapakan semakin akrab dengan alat peraga dan menjadi pelayan peserta didik yang dapat menghidupi pendidikan dan menjadi guru yang mampu mesponsori dirinya sendiri.Aminn

Saturday, 14 September 2013

PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL VOLUM TABUNG DAN VOLUME KERUCUT DI SMPN 19 PURWOREJO JAWA TENGAH OLEH JULI EKO SARWONO (PEDAGANG BAKSO KELILING )

                 Pembelajaran mtematika di SMP N 19 Purworejo dalam menyampaikan materi volume tabung dan volume kerucud kami mencoba menggunakan metode kontekstual  yaitu siswa secara berkelompok mempraktekkan dan mengamati tentang volume tabung adalah tiga kali volume kerucut. Sya mencoba tidak serta merta menyampaikan rumus – rumus volume tabung dan volume kerucut tetapi siswa secara berkelompok  dengan mempraktekkan volume kerucut dan volume tabung dengan bahan –bahan yang  sudah di siapkan yaitu tabung ( kaleng permen bekas ), Kerucut dari plastik, beras yang terdiri dari tiga warna. Berikut di bawah ini adalah cuplikan video pembelajaran pembuktian volume tabung adalah tiga kali volume kerucut.



Sunday, 8 September 2013

GURU MATEMATIKA SMP N 19 PURWOREJO JAWA TENGAH DAN PENJUAL BAKSO KELILING DARI DESA KE DESA DI JOGONEGORO, MERTOYUDAN, MAGELANG JAWA TENGAH



Seorang guru harus bisa membawa murid menikmati pembelajaran matematika seperti saat siswa menyantap bakso enak, lezat, menyenangkan dan mengesankan. Berikut saat siswa menikmati pembelajaran matematika kontekstual dengan kompetensi dasar  TABUNG dan Unsur-unsurnya dan dilakukan baik dalam kelas maupun di luar kelas dengan berdiskusi secara berkelompok. Pembelajaran ini mempunyai tujuan agar target materi tercapai tetapi siswa senang di antaranya tercapainya nilai tinggi dan mempunyai sikap santun.

Mengukur tinggi tabung, diameter tabung untuk selanjutnya mereka menghitung luas tabung.
  ********
******
****
**
*

Mengukur  keliling pohon kemudian siswa menentukan diameter pohon.
               
http://1.bp.blogspot.com/-TlyXMNZzo90/UUZ510NhZnI/AAAAAAAAC9Y/CcB3mhzqPCc/s1600/19769.gifhttp://4.bp.blogspot.com/-Vj1wmPAdRbg/UUZ52Y5HIrI/AAAAAAAAC9w/Vk95IDZ4G8w/s1600/smiley-27.gif
  

Saatnya berdiskusi tentang  tabung(menentukan tinggi, diameter, jari-jari, gelas dan tabung)

http://4.bp.blogspot.com/-K1HTpRqXawA/UUZ51Xqm2UI/AAAAAAAAC9Q/4lgHuShySiM/s1600/16.gif

Siswa mempresentasikan hasil diskusi  menghitung luas tabung.



Menghitung jari-jari roda mobil.

http://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-Cwle2c-JuUY/TzUGo-EdacI/AAAAAAAABbA/YcBNXfKd0J4/s1600/bumi+ku.gif

Our offices

Blogger templates