Sunday 24 March 2013

Pameran Pembelajaran Matematika Kontektual dari Barang bekas Antar kelas,kls 8 SMPN 19 Purworejo


Pada  hari rabu 21 September 2013 muridku kelas 8 a,b,c,d dan f, mengadakan pameran Matematika ,yang di pamerkan adalah karya siswa maksutnya hasil itungan dan garapan siswa di pamerkan,Memang sangat unik dan menyenangkan .Cara penyajianya adalah setiap kelas secara berkelompok mengisi stan yang di sediakan....pokoke apik tenan.Pameran ini bertujuan meningkatkan  motifasi belajar matematika siswa..Tapi ya maklum lah temen2 guru belum berminat mengunjungi...hehehee pokoe lanjutlah .Setelah pameram aku traktir bakso semuanya ..kebetulan aku jualan bakso ya sodakohlah,Kali ini aku habis 1.800 ribu rupiyah uang pribadi, mau tahu dari mana uangnya...aku ngutang di bank BMT Purworejo.Tapi aku puas banget...semoga muridku tambah seneng Matematika,dan nilainya meningkat.Amin

NAH INI DIA SAAT AKU JUALAN BAKSO KELILING, TERNYATA DARI JUALAN BAKSO KELILING SEBAGIAN UNTUNGNYA BISA MENAMBAH MATEMATIKA SEMAKIN CANTIK, INDAH, ANGGUN DAN MENYENANGKAN DI SMP NEGERI 19 PURWOREJO JAWA TENGAH

KEGIATAN DAN PERSIAPAN PAMERAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP N 19 PURWOREJO JAWA TENGAH

Media Publik pameran Matematika Antar Kelas VIII Juli Eko Sarwono ( Sumber :Suara Merdeka)

Hasil Karya Siswa SMP N 19 Purworejo
Persiapan mengisi stan pameran
Persiapan mengisi stan pameran ( Usaha yang gigih)
Foto -foto belajar kelompok di rumah
Hasil karya siswa
Persiapan mengisi stan pameran














Melepas lelah setelah selesai persiapan PAMERAN di SMP N 19 Purworejo


Capeknya soting bersama SCTV PBM Matematika di SMPN 19 Purworejo

     Senangnya aku bersama wartawan sctv 21 maret 2013,sctv meliput kegiatan sehari-hari,dirumah saat jualan bakso,mengajar matematika di sekolah SMP N 19 Purworejo katanya mereka tertarik dengan model pembelajaranku yang unik,juga saat aku melatih silat,Aku akan mengisi acara di liputan 6  sctv sesi "Sosok" tayangnya bln april minggu siang,Wah muridku seneng banget,semoga dengan liputan ini aku semakin semangat berkarya mencerdaskan muridku dan berdampak mendongkrak nilai matematika di SMP 19 Purworejo Jawa tengah ,Amin

Saturday 27 October 2012

Monday 24 September 2012

MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL DENGAN METODE PERMAINAN DAN PAMERAN KARYA SISWA DI TAMAN MATEMATIKA SMP N 19 PURWOREJO


wow ......karya siswa yang mengagumkan!!!....
 sungguh karya yang luar biasa






Roda gerobag yang bermanfaat


ketapel ikut nampang untuk mengukur sudut

Ini permen 500-san rupiah untuk mengukur kemiringan garis

Matematika dengan karya seni

Gelar pameran karya siswa yang Artistik




Serius amat ni siswa-siwa pada mengerjakan tugas..........santai aja nak






  


Sangat asyik menyelesaikan soal Matematika sambil duduk di bawah pohon yang rindang di taman Matematika







Mengerjakan Matematika sambil bermain enggrang sangat menyenangkan, pikiran jadi tidak tegang

Thursday 2 August 2012

Pembelajaran Kontekstual

Berikut ini adalah video dari beberapa Pembelajaram Matematika yang saya lakukan dan sudah ditayangkan di beberapa Stasiun TV Swasta Nasional. Silahkan Klik tanda mulai pada gambar dan klik icon Full screen pada pojok kanan bawah untuk melihat gambar secara layar penuh. Terimakasih.

Friday 27 July 2012

BELAJAR MATEMATIKA DENGAN BERMAIN ENGGRANG



Judul Praktik yang baik
Belajar matematika dengan bermain enggrang
Lokasi/Alamat pelaksanaan praktik yang baik
SMPN 19 Purworejo
Jln Magelang KM 12 Purworejo
Tingkat praktik yang baik
SMP/MTS
Lingkup Praktik yang baik
Lingkungan kelas
Masalah mengapa praktik yang baik ini di anggap penting/latar belakang. Praktik ini di laksanakan untuk mengatasi masalah apa?
Untuk menghilangkan kejenuhan belajar matematika sangat di perlukan beberapa metode yang menyenangkan salah satunya belajar sambil bermain enggrang`
Tujuan Praktik yang baik
Menciptakan situasi pembelajaran matematika yang menyenangkan
Penjelasan: Strategi,
Proses/langkah
Kegiatan/sumber atau materi yang di butuhkan

Guru dan siswa menyiapkan enggrang
Guru membentuk siswa berkelompok, masing-masing kelompok di sediakan sedikitnya tiga pasang enggrang
Guru menyiapkan soal yang di gantungkan pada ranting dan dahan pepohonan ddi taman Matematika yang berada tidak jauh daru kelas
Guru dan siswa memulai pembelajaran pada sesi Evaluasi latihan soal selanjutnya siswa mengerjakan soal yang ada di pohon secara berkelompok untuk di diskusikan
Hasil dan dampak praktik yang baik

Setelah pembelajaran matematika dengan memakai metode enggrang yang sangat menyenangkan maka di peroleh kenaikan nilai matematika siswa meningkat dan siswa mempunyai antusias yang tinggi terhadap pelajaran matematika
Informasi penulis(pelaku) nama, alamat  Nomor HP, alamat e-mail
Juli Eko Sarwono (Bakul Bakso keliling dan Guru SMPN 19 Purworejo), Alamat Jln. Magelang Km 12 Purworejo
+628 122 790 4266 E-mail : ekoyulisarwono@gmail.com website: 

BELAJAR MATEMATIKA DENGAN BERMAIN EGRANG DI TAMAN MATEMATIKA





 
  Bukan rahasia lagi mata pelajaran    matematika dianggap sulit oleh kebanyakan siswa dan sebagian siswa menggap matematika adalah momok yang mengerikan yang selalu menghantui pada pikiran siswa.Tak heran lagi pada saat jam pelajaran matematika tiba mereka sudah gelisah,apa lagi guru yang mengampu berwajah sangar seperti saya ,kebetulan tampang saya seram bertubuh gempal seperti bodyguard di tambah lagi dengan kumis yang tebal dan ber aroma khas bakso.Tentu saja hasil nilai siswa tidak    bisa maksimal.Hal tersebut juga saya lakukan di SMP N 19 purworejo,sejak pertama kali bertugas tepatnya bulan maret 1989  sampai tahun 1996.,Setelah SMP N 19 Purworejo bermitra dengan DBE yang di bimbing Mbk Laela sebagai kordinator kabupaten purworejo  dan bapak Budi sebagai kordinator propinsi jawa tengah dan di beri fasilitas dan dukungan kepala sekolah Bapak daryanto MPd,kami dilatih bagaimana mengajar yang baik.Setelah mendapat pelatihan tersebut maka kami berubah menjadi guru yang benar dan handal.,Kebiasan mengajar  dari guru yang aktif menjadi siswa yang aktif.Pembelajaran di dalam kelas menjadi kadang di luar kelas.Siswa pun berkarya hasil karyanya di tempel di papan pajang,madding, laboratorium dan taman matematika
  Berubah ,benar-benar berubah bagaimana tidak guru dan siswa diberi kebebasan berkreasi dan inoasi..Belajar Matematika dengan bermain egrang adalah salah satu metoda pembelajaran matematika  yang kami lakukan di SMP Negeri 19 Purworejo..Ceritanya begini”;Pada sesi siswa mengerjakan latiahan soal kami besama siswa sepakat melakukan pembelajjaran di taman matematika atau di luar kelas ,inii kami lakukan,agar siswa tidak jenuh .Kebetulan sekolah menyediakan egrang yang terbuat dari bambuSiswa secara berkelompok mencari soal matematika yang  saya gantungkan di ranting dan dahan pohonSatu persatu soal diambil untuk dikerjakan secara berkelompok.,mereka saling berdiskusi .dan setelah selesai soal di gantungkan lagi di ranting pohon dan mengambil soal yang lain  untuk di  kerjakan lagi .secara berkelompok..Saya sebagai pengampunya terus mengamati dan memberikan bimbingan dengan berkeliling ke kelompok – kelompok siwa,Sebagai akhir dari sesi ini kami menevaluasi bersama dan memberikan penguatan –penguatan.serta memberikan pujian pada kelompok yang berhasil bagus.Memberikan semangat pada kelompok yang belum berhasil untuk selanjutnya membeimbingnya.,Ternyata dengan metode bermain egrang nilai matematika siswa meningat dan pelajaran metematika SMPN 19 Purworejo di senangi siswa.”

Our offices

Blogger templates