Friday, 27 July 2012

BELAJAR MATEMATIKA DENGAN BERMAIN ENGGRANG



Judul Praktik yang baik
Belajar matematika dengan bermain enggrang
Lokasi/Alamat pelaksanaan praktik yang baik
SMPN 19 Purworejo
Jln Magelang KM 12 Purworejo
Tingkat praktik yang baik
SMP/MTS
Lingkup Praktik yang baik
Lingkungan kelas
Masalah mengapa praktik yang baik ini di anggap penting/latar belakang. Praktik ini di laksanakan untuk mengatasi masalah apa?
Untuk menghilangkan kejenuhan belajar matematika sangat di perlukan beberapa metode yang menyenangkan salah satunya belajar sambil bermain enggrang`
Tujuan Praktik yang baik
Menciptakan situasi pembelajaran matematika yang menyenangkan
Penjelasan: Strategi,
Proses/langkah
Kegiatan/sumber atau materi yang di butuhkan

Guru dan siswa menyiapkan enggrang
Guru membentuk siswa berkelompok, masing-masing kelompok di sediakan sedikitnya tiga pasang enggrang
Guru menyiapkan soal yang di gantungkan pada ranting dan dahan pepohonan ddi taman Matematika yang berada tidak jauh daru kelas
Guru dan siswa memulai pembelajaran pada sesi Evaluasi latihan soal selanjutnya siswa mengerjakan soal yang ada di pohon secara berkelompok untuk di diskusikan
Hasil dan dampak praktik yang baik

Setelah pembelajaran matematika dengan memakai metode enggrang yang sangat menyenangkan maka di peroleh kenaikan nilai matematika siswa meningkat dan siswa mempunyai antusias yang tinggi terhadap pelajaran matematika
Informasi penulis(pelaku) nama, alamat  Nomor HP, alamat e-mail
Juli Eko Sarwono (Bakul Bakso keliling dan Guru SMPN 19 Purworejo), Alamat Jln. Magelang Km 12 Purworejo
+628 122 790 4266 E-mail : ekoyulisarwono@gmail.com website: 

BELAJAR MATEMATIKA DENGAN BERMAIN EGRANG DI TAMAN MATEMATIKA





 
  Bukan rahasia lagi mata pelajaran    matematika dianggap sulit oleh kebanyakan siswa dan sebagian siswa menggap matematika adalah momok yang mengerikan yang selalu menghantui pada pikiran siswa.Tak heran lagi pada saat jam pelajaran matematika tiba mereka sudah gelisah,apa lagi guru yang mengampu berwajah sangar seperti saya ,kebetulan tampang saya seram bertubuh gempal seperti bodyguard di tambah lagi dengan kumis yang tebal dan ber aroma khas bakso.Tentu saja hasil nilai siswa tidak    bisa maksimal.Hal tersebut juga saya lakukan di SMP N 19 purworejo,sejak pertama kali bertugas tepatnya bulan maret 1989  sampai tahun 1996.,Setelah SMP N 19 Purworejo bermitra dengan DBE yang di bimbing Mbk Laela sebagai kordinator kabupaten purworejo  dan bapak Budi sebagai kordinator propinsi jawa tengah dan di beri fasilitas dan dukungan kepala sekolah Bapak daryanto MPd,kami dilatih bagaimana mengajar yang baik.Setelah mendapat pelatihan tersebut maka kami berubah menjadi guru yang benar dan handal.,Kebiasan mengajar  dari guru yang aktif menjadi siswa yang aktif.Pembelajaran di dalam kelas menjadi kadang di luar kelas.Siswa pun berkarya hasil karyanya di tempel di papan pajang,madding, laboratorium dan taman matematika
  Berubah ,benar-benar berubah bagaimana tidak guru dan siswa diberi kebebasan berkreasi dan inoasi..Belajar Matematika dengan bermain egrang adalah salah satu metoda pembelajaran matematika  yang kami lakukan di SMP Negeri 19 Purworejo..Ceritanya begini”;Pada sesi siswa mengerjakan latiahan soal kami besama siswa sepakat melakukan pembelajjaran di taman matematika atau di luar kelas ,inii kami lakukan,agar siswa tidak jenuh .Kebetulan sekolah menyediakan egrang yang terbuat dari bambuSiswa secara berkelompok mencari soal matematika yang  saya gantungkan di ranting dan dahan pohonSatu persatu soal diambil untuk dikerjakan secara berkelompok.,mereka saling berdiskusi .dan setelah selesai soal di gantungkan lagi di ranting pohon dan mengambil soal yang lain  untuk di  kerjakan lagi .secara berkelompok..Saya sebagai pengampunya terus mengamati dan memberikan bimbingan dengan berkeliling ke kelompok – kelompok siwa,Sebagai akhir dari sesi ini kami menevaluasi bersama dan memberikan penguatan –penguatan.serta memberikan pujian pada kelompok yang berhasil bagus.Memberikan semangat pada kelompok yang belum berhasil untuk selanjutnya membeimbingnya.,Ternyata dengan metode bermain egrang nilai matematika siswa meningat dan pelajaran metematika SMPN 19 Purworejo di senangi siswa.”

2 comments:

  1. hm, kreatif, inovatif. meski sederhana tapi malah mudah dilakukan dan bermanfaat.
    kesederhanaan inilah yang justru menjadi kelebihan teknik ini. siswa banyak yang jenuh dengan pembelajaran berbasis IT. barangkali inilah salah satu contoh alternatif, murah meriah, dan efektif...

    ReplyDelete
  2. trimasih pak .maju terus pantang munsur

    ReplyDelete

Our offices

Blogger templates