Friday, 27 July 2012

ARTIKEL JELANGKUNG

TAMPLATE PRAKTIK YANG BAIK
Judul Praktik yang baik
Jalangkung untuk menjelaskan gradien tatau kemiringan garis
Lokasi/alamat pelaksana
SMPN 19 Purworejo
Jl. Magelang Km 12 Purworejo
Tingkat Praktik
SMP
Lingkup praktik yang baik
Kelas
Masalah-mengapa yang baik ini dianggap penting/latar belakang
Jalangkung untuk media pembelajaran mempermudah peserta didik untuk memahami gradient atau kemiringan garis
Tujuan praktik yang baik
Peserta didik mampu mendefinisikan nilai gradien
Penjelasan strategi
Guru menyiapkan alat bantu mengajar berbentuk jalangkung sebagai bidang koordinat. Guru bersama peserta didik berada di luar kelas, di halaman sekolah yang teduh. Guru menjelaskan kompetensi dasar yaitu menghitung gradient. Siswa berkelompok mendiskusikan tentang materi gradient dan menuliskan di lembar kerja siswa dengan menggunakan lidi kecil berbentuk jalangkung. Setiap kelompok membuat soal tentang gradient, kemudian diberikan kepada kelompok lain untuk menyelesaikannya. Setelah selesai dikerjakan, setiap kelompok mempresentasikan hasil dari pekerjaannya. Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pekerjaan siswa dan memberni penekanan hasil. Guru memberikan reward kepada kelompok yang berhasil mengerjakan soal dan memperoleh skor 10.
Hasil dan dampak praktik yang baik
Dengan alat bantu jalangkung siswa dapat menghitung gradient dengan mudah. Dampak yang diperoleh pada KD tersebut nilai meningkat 80%
Informasi penulis
Ditulis oleh Yuli Eko Sarwono
Guru SMPN 19 Purworejo
081227904266

 
JELANGKUNG UNTUK MENJELASKAN GRADIEN  ATAU KEMIRINGAN GARIS

Mata pelajaran matematika pada umumnya dianggap sulit, terutama pada materi menghitung gradien atau kemiringan garis. Dengan guru membuat alat bantu jelangkung kesulitan menjadi cair. Jelangkung digunakan sebagai bidang koordinat, pada sumbu Y dibuat kepala dan pada sumbu X dikenakan baju sehingga menyerupai jelangkung.



Gambar: Kemiringan garis dari jelangkung

 

Pada pembelajaran ini peserta didik antusias mengikuti pelajaran  matematika karena mereka tertarik terlebih dahulu dengan jelangkung.

Pembelajaran diawali dengan guru mendemonstrasikan jelangkung untuk menerangkan gradient, secara berkelompok peserta didik membuat alat peraga dari ranting yang dibentuk menyerupai jelangkung. Peserta didik mendiskusikan materi gradient dengan jalangkung dan membuat soal. Kemudian soal ditukarkan dengan kelompok lain. Setelah selesai setiap kelompok mempresentasikan hasil yang diperoleh. Selanjutnya peserta didik bersama guru menyimpulkan definisi gradient. Sebagai akhir pembelajaran guru memberikan penekanan kesimpulan dan tidak lupa memberikan reward pada kelompok yang dapat menyelesaikan soal dengan benar dengan nilai 10.


 


4 comments:

  1. Wah, ternyata saya tadi bertemu orang hebat.
    Baksonya enak. Kapan kapan saya pingin silaturahim pak, insyaAllah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih saya tunggu oya nonyon saya di trans 7 2 des jm 20 hitam putih

      Delete
  2. Amin .trimakasih kemali pak Ateng saya belum seberapa.yang penting mari semangat berbagi pengalaman untuk kemajuan pendidikan.salam sukses ,

    ReplyDelete

Our offices

Blogger templates